• sambutan.png
  • slide.jpg

KETUA MAHKAMAH AGUNG LUNCURKAN APLIKASI E-C0URT

25 Juli 2018

Balikpapan—Humas: “Bismillahirrahmanirrahim. Dengan ini peluncuran e-court Mahkamah Agung menuju peradilan elektronik saya nyatakan dibuka secara resmi.”

          Demikian kata-kata yang diucapkan oleh Ketua Mahkamah Agung, YM Prof. DR. H. Muhammad Hatta Ali, SH., MH saat meluncurkan aplikasi e-court di Hotel Novotel, Balikpapan, Jum’at (13/07/2018) kemaren.

          Aplikasi e-court merupakan pelaksanaan dari Peraturan Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara Secara Elektronik di Pengadilan. Aplikasi ini, sebagaimana disampaikan Ketua Mahkamah Agung, terdiri dari tiga fitur utama, yakni pendaftaran perkara (e-filing), pembayaran panjar uang perkara (e-payment) dan penyampaian pemberitahuan dan pemanggilan persidangan secara elektronik (e-summons).

Merubah Praktek Pelayanan Keperkaraan

          Dalam sambutannya, Hatta Ali menjelaskan bahwa jika aplikasi e-court ini bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan, maka secara fundamental akan mengubah praktek pelayanan keperkaraan di pengadilan dan membawa peradilan Indonesia satu langkah lagi mendekati praktek  peradilan di negara maju. Hal ini disebabkan karena jangkauan aplikasi ini juga merambah pada pelaksanaan persidangan secara elektronik (e-litigation).

          “Perma Nomor 3 Tahun 2018 sudah memungkinkan pengiriman berkas yang tidak hanya terbatas pada berkas permohonan dan gugatan, namun juga terhadap jawaban, replik, duplik, dan kesimpulan, yang berarti payung hukum persidangan secara elektronik (E-Litigation) sudah disediakan”, ungkap Hatta Ali menjelaskan.

          Terkait dengan penerapannya, di bagian lain sambutannya, Hatta Ali menjelaskan bahwa untuk tahap awal aplikasi ini akan diujicobakan pada 32 (tiga puluh dua) pengadilan dalam lingkungan peradilan umum, agama dan TUN terpilih. Setelah itu akan dilakukan evaluasi dan perbaikan-perbaikan jika dipandang perlu.

          “Paling lambat satu tahun terhitung hari ini, fasilitas ini harus sudah bisa dimanfaatkan di seluruh pengadilan”, jelas Hatta Ali.


Read More...

PENGUMUMAN KELULUSAN SELEKSI CALON HAKIM AD HOC PHI

17 Mei 2018

Jakarta - Humas : Berdasarkan Keputusan Panitia Seleksi Calon Hakim Ad Hoc PHI Tahun 2018,  Pada Hari Rabu , Tanggal 16 Mei 2018, bersama ini kami umumkan Daftar Kelulusan Seleksi Calon Hakim Ad Hoc PHI . Maka dengan ini kami lampirkan pengumumannya.

PENGUMUMAN KELULUSAN SELEKSI CALON HAKIM AD HOC PHI 2018.pdf


Read More...

RAPAT BULAN SEPTEMBER 2017

rapbul8.png

Kendari - Humas, Senin, 25 September 2017 Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara melakukan Rapat Bulanan  bertempat di  Ruang Rapat Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara berlangsung dari Pukul 09.00-13.00 Wita yang diikuti oleh seluruh Hakim, Karyawan dan Karyawati Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara.

rapbul9.png

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan Pembacaan Do’a, serta penyampaian Arahan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara Bapak Gatot Suharnoto, SH.  Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwa seyogyanya rapat bulanan dilaksanakan setiap tanggal 17 setiap bulannya namun karena adanya rapat sosialisasi-sosialisasi dalam rangka akreditasi, maka rapat bulanan baru dapat dilaksanakan pada hari ini (25/9/17).

Lebih lanjut Ketua PT Sultra menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh karyawan dan karyawati atas partisipanya dalam menerapkan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin) dan harapan Beliau agar dapat terus ditingkatkan. Beliau berharap kedepannya semua dapat bekerja sama dengan lebih baik lagi, menciptakan Susana kerja yang nyaman, baik, bersih dan asri sehingga pelayanan kepada masyarakat, baik pelayanan di bidang administrasi umum maupun administrasi perkara berjalan dengan baik dan lancar.

Dikesempatan yang sama, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara Bapak Dr. H. Suharjono, SH., M.Hum menyampaikan bahwa Permohonana audit eksternal Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara telah masuk ke Badan Peradilum Umum Mahkamah Agung RI tanggal 17 September 2017 dan kemungkinan audit eksternal akan dilakukan akhir bulan September atau awal oktober karena di bulan November nanti sudah akan ada penyerahan Sertifikat Akreditasi oleh Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI. Beliau berharap agar semuanya berjalan lancar dan materi/dokumen permohonan akreditasi dapat segera ditindaklanjuti oleh Badilum dengan menurunkan Tim Auditor/Asistentor. Terkait dengan hal tersebut WKPT Sultra  menyampaikan khusus bagian kearsipan dan perpustakaan agar segera dirampungkan dan kepada semua Bagian agar  selalu mempersiapkan diri karena saat audit itulah yang menentukan nilai akreditasi kita;

Melalui Kesempatan tersebut pula, WKPT Sultra menghimbau kepada Hakim dan Pejabat yang baru dilantik/mutasi agar segera membuat LHKPN dan segera dikirim ke Komisi Pemberantasan Korupsi;

Kemudian rapat dilanjutkan dengan Laporan dari masing-masing bidang, di mulai dari Laporan Kepaniteraan Pidana, Perdata, Tipikor dan Kepaniteraan Hukum serta Laporan dari Sub Bagian Keuangan dan Pelaporan, Rencana Program dan Anggaran, Kepegawaian dan TI serta dari Sub Bagian Tata Usaha dan Rumah Tangga.

Diakhir rapat Ketua Pengadilan Tinggi Sulawesi tenggara menghimbau agar dapat terus meningkatkan etos kerja untuk mencapai badan peradilan yang Agung dan Prima.

Putusan Terbaru

Putusan Sindikasi

Statistik Perkara

grapik2

PETA

petaindonesia

Alamat Kami

PENGADILAN TINGGI SULAWESI TENGGARA
Jl. Mayjen DI Panjaitan No. 165 - Kendari
Telp. 0401-3192097 / Fax. 0401-3192097
email : ptkendari@yahoo.co.id

 

Gallery

galery

Pengunjung

411782
Hari Ini
Kemarin
Mgg Ini
Mgg Kemarin
Bln Ini
Total
395
372
1822
387412
5488
411782
IP Anda 54.156.85.167
20:13 16-08-2018