• sambutan.png
  • slide.jpg

KETUA MAHKAMAH AGUNG LUNCURKAN APLIKASI E-C0URT

25 Juli 2018

Balikpapan—Humas: “Bismillahirrahmanirrahim. Dengan ini peluncuran e-court Mahkamah Agung menuju peradilan elektronik saya nyatakan dibuka secara resmi.”

          Demikian kata-kata yang diucapkan oleh Ketua Mahkamah Agung, YM Prof. DR. H. Muhammad Hatta Ali, SH., MH saat meluncurkan aplikasi e-court di Hotel Novotel, Balikpapan, Jum’at (13/07/2018) kemaren.

          Aplikasi e-court merupakan pelaksanaan dari Peraturan Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara Secara Elektronik di Pengadilan. Aplikasi ini, sebagaimana disampaikan Ketua Mahkamah Agung, terdiri dari tiga fitur utama, yakni pendaftaran perkara (e-filing), pembayaran panjar uang perkara (e-payment) dan penyampaian pemberitahuan dan pemanggilan persidangan secara elektronik (e-summons).

Merubah Praktek Pelayanan Keperkaraan

          Dalam sambutannya, Hatta Ali menjelaskan bahwa jika aplikasi e-court ini bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan, maka secara fundamental akan mengubah praktek pelayanan keperkaraan di pengadilan dan membawa peradilan Indonesia satu langkah lagi mendekati praktek  peradilan di negara maju. Hal ini disebabkan karena jangkauan aplikasi ini juga merambah pada pelaksanaan persidangan secara elektronik (e-litigation).

          “Perma Nomor 3 Tahun 2018 sudah memungkinkan pengiriman berkas yang tidak hanya terbatas pada berkas permohonan dan gugatan, namun juga terhadap jawaban, replik, duplik, dan kesimpulan, yang berarti payung hukum persidangan secara elektronik (E-Litigation) sudah disediakan”, ungkap Hatta Ali menjelaskan.

          Terkait dengan penerapannya, di bagian lain sambutannya, Hatta Ali menjelaskan bahwa untuk tahap awal aplikasi ini akan diujicobakan pada 32 (tiga puluh dua) pengadilan dalam lingkungan peradilan umum, agama dan TUN terpilih. Setelah itu akan dilakukan evaluasi dan perbaikan-perbaikan jika dipandang perlu.

          “Paling lambat satu tahun terhitung hari ini, fasilitas ini harus sudah bisa dimanfaatkan di seluruh pengadilan”, jelas Hatta Ali.


Read More...

PENGUMUMAN KELULUSAN SELEKSI CALON HAKIM AD HOC PHI

17 Mei 2018

Jakarta - Humas : Berdasarkan Keputusan Panitia Seleksi Calon Hakim Ad Hoc PHI Tahun 2018,  Pada Hari Rabu , Tanggal 16 Mei 2018, bersama ini kami umumkan Daftar Kelulusan Seleksi Calon Hakim Ad Hoc PHI . Maka dengan ini kami lampirkan pengumumannya.

PENGUMUMAN KELULUSAN SELEKSI CALON HAKIM AD HOC PHI 2018.pdf


Read More...

SOSIALISASI RANCANGAN PROYEK PERUBAHAN PESERTA DIKLAT PIM IV

 

SOSIALISASI RANCANGAN PROYEK PERUBAHAN PESERTA DIKLAT PIM IV ANGKATAN XIII

MAHKAMAH AGUNG RI KERJASAMA PKP2A LAN MAKASSAR TAHUN 2017

1a.JPG

 

Kendari – Selasa, 21 November 2017 Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara telah melaksanakan “Sosialisasi Rancangan Proyek Perubahan Peserta Diklat Pim IV Angkatan XIII Mahkamah Agung RI kerjasama PKP2A Lan Makassar Tahun 2017” bertempat di Ruang Rapat Lantai II Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara Pukul 15.30 WITA.

 

Acara yang diikuti oleh seluruh Hakim, Pegawai dan Honorer ini, diawali dengan pemberian sambutan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara Bapak Gatot Suharnoto, SH. Dalam Sambutannya Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara menyampaikan kepada Ibu IRMAYANTI MUCHTAR, ST dan Bapak ASRUL, SE., MM agar Proyek Perubahan berupa aplikasi tentang pengelolaan Stock Barang Persediaan dan Aplikasi Promosi dan Mutasi yang dibuat diharapkan dapat memudahkan dan mempercepat penyelesaian pekerjaan. Dan dengan adanya aplikasi ini diharapkan Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara dapat bersaing dengan Pengadilan-pengadilan lainnya dalam hal pengembangan Tekhnologi Informasi.

2.JPG

 

Pada kesempatan tersebut, Peserta Diklat PIM Ibu IRMAYANTI MUCHTAR, ST (Kasubag Tata Usaha dan Rumah Tangga) menyampaikan tentang Rancangan Proyek Perubahan yang sedang dibuat adalah “Aplikasi Pengawasan Stock Barang Persedian atau disingkat “AWAS BAPER” yang tujuannya adalah untuk mewujudkan penatausahaan Stock Barang Persediaan yang tertib, Cepat serta Pelaporan yang tepat waktu.

3.jpg

 

Acara dilanjutkan dengan pemaparan Rancangan Proyek Perubahan oleh Bapak ASRUL, SE., MM (Kasubag Kepegawaian dan TI), yang memperkenalkan bahwa aplikasi yang dibuat adalah Aplikasi –Promosi dan Mutasi atau disingkat “PROSESI” yaitu suatu bentuk pelayanan pelaksanaan promosi dan mutasi dengan melakukan pengelolaan berkas fisik (hard copy) menjadi data secara elektronik melalui proses digitalisasi dokumen (dokumen elektronik), pengiriman berkas via e-mail, filling doc system dan mempertimbangkan perhitungan ABK pada Aplikasi Beban Kerja.

4.JPG

 

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian tanggapan dan saran dari peserta rapat. Dan diakhir acara Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara menyampaikan saran-saran perbaikan dan dukungannya serta menyampaikan agar aplikasi yang telah dibuat dapat segera diterapkan di Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara.

Putusan Terbaru

Putusan Sindikasi

Statistik Perkara

grapik2

PETA

petaindonesia

Alamat Kami

PENGADILAN TINGGI SULAWESI TENGGARA
Jl. Mayjen DI Panjaitan No. 165 - Kendari
Telp. 0401-3192097 / Fax. 0401-3192097
email : ptkendari@yahoo.co.id

 

Gallery

galery

Pengunjung

411780
Hari Ini
Kemarin
Mgg Ini
Mgg Kemarin
Bln Ini
Total
393
372
1820
387412
5486
411780
IP Anda 54.156.85.167
20:12 16-08-2018