• moduspenipuan.jpg
  • SAMBUTAN 2019.png
  • slide.jpg

SURAT EDARAN SEKRETARIS MAHKAMAH AGUNG RI NOMOR 1 TAHUN 2020 TENTANG PENYESUAIAN SISTEM KERJA HAKIM DAN APARATUR PERADILAN DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID – 19 DI LINGKUNGAN MAHKAMAH AGUNG RI DAN BADAN PERADILAN DI BAWAHNYA

Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID – 19 di Lingkungan Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan di Bawahnya, Mahkamah Agung menerbitkan Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor : 1 Tahun 2020 Tentang Penyesuaian Sistem Kerja Hakim dan Aparatur Peradilan.
Berikut adalah isi Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2020 :

A. Sistem kerja di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya
1. Hakim dan Aparatur yang mengalami kondisi sakit khususnya batuk, pilek, demam dan sesak napas dan/atau memiliki riwayat interaksi dengan pihak atau lingkungan yang terkonfirmasi terjangkit Covid-19, dapat diberikan izin tidak masuk kantor oleh pimpinan satuan kerja masing-masing dengan tetap memperhatikan situasi dan kondisi lingkungan kantor serta daerah setempat.
2. Hakim dan Aparatur yang mengalami kondisi sakit tersebut di atas agar mematuhi dan mengikuti protokol kesehatan penanganan Covid-19.
3. Pimpinan satuan keija agar:
a. memastikan pelaksanaan tugas dan fungsi satuan kerja tetap beijalan efektif untuk memberikan pelayanan publik; dan
b. berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat dan terus memantau perkembangan informasi terkait dengan penyebaran Covid-19 serta melaporkan kondisi satuan kerjanya secara berjenjang.
4. Hakim dan Aparatur dapat melakukan presensi masuk/pulang kantor secara manual, untuk sementara tidak menggunakan fingerprint scan, menjaga kebersihan alat-alat kantor dan menghindari tempat keramaian di lingkungan kantor untuk meminimalisir terinfeksi Covid-19.
5. Aparatur yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat menggunakan masker sesuai dengan situasi dan kondisi setempat.
6. Aparatur yang datang terlambat/pulang lebih awal dari ketentuan jam kerja dengan persetujuan atasan langsung, tidak dikenakan potongan tunjangan kinerja selama surat edaran ini diberlakukan.
7. Seluruh satuan kerja pusat dan daerah diminta melakukan sosialisasi pola hidup sehat dengan cara melakukan kegiatan kebersihan kantor dan tempat ibadah di lingkungan kantor secara menyeluruh.
8. Setiap satuan kerja menyediakan hand sanitizer untuk ditempatkan di setiap pintu masuk kantor dan ruang sidang.
9. Setiap satuan kerja agar menyediakan alat pendeteksi suhu badan(thermometer infrared) sebagai deteksi awal dan pencegahan penyebaran Covid-19.

B. Persidangan Pengadilan
1. Persidangan perkara pidana, pidana militer, jinayat tetap dilangsungkan sesuai dengan jadwal persidangan yang telah ditetapkan.
2. Penundaan persidangan dan pembatasan pengunjung sidang merupakan kewenangan majelis hakim untuk menentukan.
3. Majelis hakim dapat membatasi jumlah dan jarak aman antar pengunjung sidang (social distancing).
4. Persidangan perkara perdata, perdata agama dan tata usaha negara, pencari keadilan dianjurkan untuk memanfaatkan e-litigasi.
- 3 -
C. Penyelenggaraan kegiatan dan perjalanan dinas
1. Pimpinan satuan kerja agar melakukan pengaturan penerapan jarak aman pengunjung pengadilan (social distancing).
2. Rapat-rapat yang bersifat rutin di pengadilan atau kegiatan lainnya agar memperhatikan jarak aman antar peserta [social distancing).
3. Perjalanan dinas di dalam dan luar negeri sedapat mungkin ditunda atau dilakukan dengan mempertimbangkan skala prioritas.
4. Hakim dan Aparatur yang telah melakukan perjaianan ke negara yang terjangkit Covid-19 atau yang pernah berinteraksi dengan penderita yang terkonfirmasi terjangkit Covid-19 harus segera menghubungi Hotline Center Corona melalui nomor telepon 119 (ext) 9 dan/atau Halo Kemkes pada nomor 1500567.

untuk selengkapnya bisa klik link dibawah ini :

SE SEKMA No 1 Th 2020

 

PETA

petaindonesia

Alamat Kami

Jl. Mayjen DI Panjaitan No. 165 - Kendari

Telp. 0401-3190310 

Fax. 0401-3192097

email : ptkendari@yahoo.co.id

map : silahkan klik disini

Gallery

galery

Pengunjung

752747
Hari Ini
Kemarin
Mgg Ini
Mgg Kemarin
Bln Ini
Total
386
754
4195
722593
7912
752747
IP Anda 3.226.243.36
18:28 10-04-2020